Prinsip PPIC dalam Olah Raga

OPINION DAY #06

Oleh Agung Ektika (SSG-037)

Semangat Pagi Menjelang tengah Malam … 😅 …

Btw petang ini habis sepedaan sore terus ingat Pak Taufan yang habis ikut Surabaya Marathon dan kemudian nggak tahu kenapa yang terlintas adalah Prinsip dan Praktik PPIC. Hal ini precisely aligned dengan pengalaman saya pagi ini dimana untuk persiapan menghadiri undangan Rekan-rekan ECI untuk sepedaan di Sirkuit Polygon.

Setelah shubuh pukul 4:30 pagi, saya sudah menyiapkan beberapa hal, terutama merakit Mounting Rack untuk sepeda, saya perkirakan Max 1/2 jam selesai, walaupun ini pertama kali pakai Rack tersebut setelah dibeli kira-kira 4-5 bulan lalu-hasil karya rekan sendiri salah satu Member IJT (Innova Jawa Timur) yang berdomisili di KBD (Kota Baru Driyorejo) – karena pertimbangan kekuatan dan material yg lebih baik, memilih untuk membuat sendiri – daripada beli buatan pabrik yg standar.

Setelah mengumpulkan semua material, beberapa saat kemudian problem awal mulai muncul bahkan kudu tanya ke Nyonya dimana semua part disimpan, maklum untuk urusan mengamankan alias simpan menyimpan barang-barang rumahan sebagai Store Room Manager adalah Nyonya 😅.

Dan karena mempertimbangkan kerapian plus ruangan tersisa ternyata tidak semua part jadi satu lokasi. Maklum space gudang di rumah terbatas dan kudu optimizing tempat lain.

Setelah semua terkumpul ternyata untuk merakit perlu petunjuk manual yang biasanya ada jika kita beli dari pabrikan, karena baru pertama kali maka short cut langsung saja check di Google dan tidak perlu lama sudah dapat gambar Rack tersebut sehingga dapat menjadi acuan untuk merakit-nya, hanya persoalan lain muncul:
1. Urutan pemasangan,
2. Posisi tiap part,

Karena ada 2 set Mounting Rack untuk kapasitas 3 sepeda dimana setelah trial and error tidak semuanya standar bahkan susah untuk dipasang satu sama lain. Dengan dibantu satu orang Rekan (Aji) sekalipun ternyata tidak gampang apalagi berkejaran dengan waktu mengingat janjian untuk berkumpul di track/sirkuit adalah pukul 6:30 am dan kudu menempuh perjalanan setidaknya 1 jam berhubung lokasinya ada di sekitar Lingkar Timur Sidoarjo.

Setelah spent waktu kira-kira 1 jam 45 mnt barulah proses perakitan selesai dan menyisakan 1 set dari 2 yang akhirnya ditinggal karena benar-benar nggak bisa terpasang secara baik plus pertimbangan Safety.

Keputusan tersebut juga karena waktu yg tidak memungkinkan dan benar ketika konfirmasi start dari rumah ternyata Rekan2 sudah menunggu di lokasi … 😭

Selama perjalanan menukik tajam dalam benak dan pikiran sebagai self evaluation jika dikaitkan dengan prinsip dasar PPIC bahwa:
1. Semua aktivitas harus direncanakan dan ada dasar atas perencanaan tersebut, review proses perakitan Rack barusan jelas tidak ada perencanaan yg jelas hanya mendasarkan atas perkiraan kasar bahwa 1/2 jam selesai padahal ada loop hole atas barang tersebut: Customizing, Tidak Standart pabrik dan Tidak ada Petunjuk Manual representasi BOM dan urutan proses perakitan plus pengalaman pertama kali merakit sendiri, tentu syarat perencanaan yg jelas jauh panggang dari api dalam hal ini … 😎.

Prinsip berikutnya dalam PPIC adalah selalu ada Lead Time atau Waktu Tunggu, nah ini yang benar2 tidak dipertimbangkan dengan baik, bisa dilihat bahwa deviasinya lebih 100#… 😢 …

Berdasarkan referensi Prinsip PPIC lain yang tidak di-akomodir adalah ketaatan atas setiap Detail Transaksi termasuk dalam hal ini adalah Detail Desain atas peralatan yang akan dirakit, tadi diceritakan bahwa letak tiap-tiap part adalah salah satu faktor.

Dalam konteks PPIC di manufaktur ketepatan Inventory tidak hanya diukur dari Quantity tetapi juga ketepatan lokasi dimana stock/part disimpan, hal ini berpengaruh pada proses secara keseluruhan karena diperlukan mobilisasi/transfer dimana waktunya harus dipertimbangkan agar proses dapat berjalan efektif dan efisien.

Jika ditelisik lebih jauh sepertinya tidak hanya beberapa Prinsip PPIC diatas yang dilanggar dari kegiatan sederhana merakit sebuah Rack sepeda namun setidaknya ada pelajaran bermanfaat yang memberi makna.

Dan ternyata mau sehat dengan ber-olah raga ada relevansi-nya juga dengan Prinsip-prinsip PPIC.

Selamat malam. Semoga senin pagi besok senantiasa terjaga konsistensi untuk berbagi manfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*